Kenali Rasanya Indonesia Dengan Festival Jajanan Bango 2022

Foto: www.Unilever.co.id

Festival Jajanan Bango (FBJ) kini kembali hadir di tahun 2022 setelah selama dua tahun sebelumnya Festival Jajanan Bango (FBJ) diselenggarakan secara virtual akibat pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan seluruh dunia. Mengangkat tema Kenali Rasanya Indonesia, Bango berharap gebrakannya dapat membantu pelestarian kuliner Nusantara.

Kini Bango produksi PT. Unilever Indonesia kembali menghadirkan FBJ 2022 sebagai wujud simbol semangat Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Rasa, Rasanya Indonesia. Sejak memulai debutnya pada tahun 2005 Bango produksi PT. Unilever secara konsisten tidak pernah absen menggelar Festival Jajanan Bango (FBJ) sebagi acara bazar jajanan populer dan legendaris dalam rangka melestarikan kekayaan kuliner nusantara dan juga demi memuaskan lidah para pencinta kuliner Nusantara. Setelah 12 tahun menemani para pecinta jajanan berpetualang kuliner Nusantara kini Festival Jajanan Bango (FBJ) kembali untuk memuaskan kerinduan kita terhadap jajanan legendaris Nusantara dari berbagai penjaja kuliner Indonesia. Acara ini diselenggarakan secara offline bertempat di Plaza Timur dan Parkir Timur GBK Senayan tanggal 28 – 30 Oktober 2022. hadir dengan mengangkat tema Kenali Rasanya Indonesia dengan tag line Kenali Namanya, Cerita Dibaliknya, Rasanya, Hingga Resepnya. 

    “Tema ‘Kenali Rasanya Indonesia’ yang diangkat di Festival Jajanan Bango kali ini diharapkan mampu merepresentasikan kekayaan ragam kuliner bangsa, yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tradisi kuliner paling kaya di dunia. Eksplorasi kekayaan kuliner Indonesia perlu terus dilakukan untuk mendorong kiprah para UMKM sektor kuliner sehingga mampu berkontribusi pada perekonomian bangsa. Saya mengapresiasi pelaksanaan gelaran tahunan Festival Jajanan Bango sebagai salah satu medium yang efektif untuk memperkenalkan aneka kuliner otentik sekaligus sosok-sosok pengusaha UMKM kuliner tradisional yang legendaris kepada masyarakat luas,” Ucap Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI secara virtual saat Press Conference Festival Jajanan Bango 2022 di GBK, Jakarta Pusat. 


    FJB hadir dengan tema Kenali Rasanya Indonesia "Apasih Kenali Rasanya Indonesia? mungkin kita tahunya bahwa masakan Indonesia itu ada banyak banget ternyata ada lebih dari 3200 masakan. Mungkin kita kalau disuruh ngitung lima puluh aja bingung ya apa aja dan pastinya nggak semua udah kita coba mangkanya penting banget Bango mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenali kulinernya, kenal masakan otentik di Indonesia karena kita melihat sebanyak itu (ragam kuliner) tapi sayangnya nggak semua orang aware dengan macam-macam kuliner di Indonesia mangkanya Bango hadir dengan tema ini karena ingin mengajak masyarakat mengenal dan mengeksplorasi makan Indonesia." ungkap Adisty Nilasari selalu Senior Eksternal dan Digital Comunication Manager PT. Unilever Indonesia dalam acara terpisah di Media dan Community Gathering yang disiarkan di kanal YouTube Bango Warisan Kuliner. 

    Pada tahun ini Festival Jajan Bango (FBJ) berkolaborasi dengan Kemenkraf RI dalam mengusung peringatan Hari Sumpah Pemuda untuk menyatukan tekad seluruh #PejuangRasanyaIndonesia dalam mengenali, mencintai dan melestarikan aneka kuliner otentik Nusantara. Serta sebagai wujud memperkuat program Indonesia Spice Up the World untuk memasarkan bumbu rempah Indonesia kepada dunia, dimana salah satunya kecap yang menjadi ciri khas cita rasa kuliner dari negara Indonesia. Tagar #PejuangRasanyaIndonesia sendiri diciptakan oleh Bango sebagai wujud gerakan inisiatif untuk membangkitkan keingintahuan, kebanggaan, dan rasa memiliki masyarakat terhadap keanekaragaman kuliner Indonesia, hingga ikut berperan dalam melestarikannya agar dapat dinikmati dari generasi ke generasi. 
    
    Sejak bulan September, Bango menggelar aktivasi digital secara masif yang menggerakkan seluruh #PejuangRasanyaIndonesia untuk mengeksplorasi dan saling berbagi tentang kekayaan kuliner bangsa. Gerakan ini di awali dengan penayangan podcast William Wongso selaku pakar kuliner Indonesia bersama dengan Raditya Dika. 
    
    Dalam kesempatan konfrensi pers bersama Bango PT. Unilever Indonesia Hari Jum’at 28 Oktober 2022 bertempat di Gelora Bung Karno Jakarta Pusat Wiliam Wongso mengatakan bahwa masih banyak masyarakat, khususnya generasi muda, yang belum menyadari keunikan kuliner Indonesia. “Masih banyak masyarakat, khususnya generasi muda, yang belum menyadari keunikan kuliner Indonesia. Contoh sederhananya hidangan rendang, banyak yang belum sadar bahwa di Sumatera Barat ada 900 Nagari atau desa yang memiliki komposisi bahan dan bumbu yang berbeda untuk mengolah rendang. Pengetahuan seperti inilah yang perlu disebarluaskan agar kita bisa mengenali, mengapresiasi, dan akhirnya melestarikan ragam cita rasa dan bahan otentik, kearifan lokal, hingga perpaduan budaya yang menyatu di dalam kekayaan kuliner kita.” Paparnya Dalam Acara kofrensi pers. 

    Mungkin di antara kita hanya familier dengan ragam kuliner ikonik seperti nasi goreng, sate, soto, dan sambal, nyatanya kita sendiri selaku masyarakat Indonesia tidak mengetahui bahwa negeri kita memiliki 104 jenis nasi goreng, 252 ragam sate, lebih dari 100 varian soto, hingga 322 macam sambal. Begitupun pengetahuan kita terhadap kuliner khas daerah. Misalnya, kuliner Minang yang baru dikenal hanya Rendang, kuliner Palembang hanya Pempek, kuliner Yogyakarta dengan Gudeg, dan lain-lain. Padahal, tercatat kuliner khas Minangkabau setidaknya ada 220 jenis, kuliner khas Palembang ada lebih dari 200 jenis, kuliner khas Yogyakarta ada lebih dari 192 jenis, dan seterusnya. Pengenalan yang masih minim ini tentunya menjadi tantangan untuk upaya pelestarian kuliner. 

    Oleh karena itu pada festival Jajanan Bango tahun ini Bango menghadirkan 90 tenant jajanan legendaris Indonesia, dari Sabang sampai Merauke yang bisa dieksplor oleh para pecinta kuliner Nusantara. Sepuluh di antaranya merupakan penjaja kuliner yang dipilih langsung oleh masyarakat melalui gerakan #PejuangRasanyaIndonesia, dan tiga penjaja kuliner merupakan rekanan dari Tokopedia selaku mitra pelaksanaan FJB 2022. 

    Untuk datang ke acara ini pengunjung tidak dikenakan biaya apapun, pengunjung nantinya hanya akan diminta registrasi online terlebih daluhu untuk mendapatkan gelang barkode sebagai tiket masuk festival.

Ditulis oleh: Vivi Nurma Lestari
Menggunakan teknik Konfrensi Pers

Komentar

Postingan Populer